Instalasi Redis dengan Chocolatey

Back to jendela. untuk saat ini masih make jendela dulu hehehe. pinguinnya lagi istirahat. Yups. Catatan kali ini berisi rincian sederhana bagaimana menginstal Redis dengan Chocolatey. Bagi kamu yang belum menginstal Chocolatey, saya juga memberikan instruksinya di sini. Yuk disimak. Continue reading

Advertisements

Konsep Package dan Module di Python

Catatan ini adalah pendukung untuk plan catatan saya nanti dalam membahas bagaimana men-deploy package yang kita buat ke repositori PyPI. Jadi isinya hanya menjelaskan konseptualisasi Package dan module saja tidak lebih tidak kurang. Ini merupakan materi terpenting di dalam silabus Python. Kenapa ? setiap kita ngoding sudah pasti kita sering berhubungan dengan package dan module. Catatan ini juga mengasumsikan kita telah memahami dasar-dasar fungsi dan class di Python. Continue reading

Login Sederhana menggunakan AngularJS dan Django Rest dengan Basic Auth

Lebaran telah tiba, bukan artinya segala aktifitas belajar berhenti pula hehe. Sebenernya ini cuma catatan saya yang kebetulan juga saya lagi belajar AngularJS mix dengan Django Rest. Aplikasi login ini bener-bener standar sekali. Tapi tak mengapa yang penting ada gambaran bagaimana AngularJS bisa saling bekerja dengan Django Rest. Continue reading

Cara Nge-trick Response JSON Tanpa Class Serializer di Django Rest Framework

Sebenernya sih iseng-iseng ajah. Memang bagus menggunakan serializer tapi adakalanya kita penasaran gimana sih kalo kita me-return JSON tanpa class Serializer ? Menurut saya pribadi memang lebih freedom. Tapi jangan sering-sering digunakan yah soalnya ga dianjurin kalo ga memikirkan skalabilitasnya serta masalah yang dihadapinya. Caranya gimana ? Continue reading